Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Komponen yang tak hidup (abiotik) dan Komponen yang terdiri dari makhluk hidup (biotik). Yuk kita belajar bareng tentang komponen ekosistem.

Mata pelajaran biologi kelas 7 ini juga membahas tentang komponen dari ekosistem. Komponen yang pertama adalah komponen yang tak hidup atau yang sering juga disebut sebagai komponen abiotik. Komponen itu antara lain: tanah, air, udara, cahaya matahari. Komponen yang kedua terdiri dari makhluk hidup disebut dengan komponen biotik. Dalam komponen biotik terdiri dari tumbuhan, hewan, manusia dan mikroorganisme. Berdasarkan fungsi, komponen biotik dibedakan menjadi:

Komponen Ekosistem (Biologi SMP Kelas 7)


Komponen Ekosistem (Biologi SMP Kelas 7)
Komponen Ekosistem (Biologi SMP Kelas 7)

1. Produsen
Produsen adalah kelompok organisme yang dapat membuat makanan sendiri. Semua jenis tumbuhan hijau termasuk produsen. Tumbuhan hijau dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Zat makanan akan tersimpan pada daun, batang, akar dan buah. Oksigen akan dilepas ke udara yang akan dimanfaatkan oleh organisme lain untuk pernafasan. Organisme yang dapat membuat makanan sendiri seperti di atas disebut organisme autotrof. Ada tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan kebutuhan makanannya tergantung organisme lain karena tidak dapat berfotosintesis.

2. Konsumen
Kelompok yang terdiri dari hewan dan juga manusia. Pada kelompok konsumen tidak dapat membuat makanan sendiri, sehingga sangat tergantung pada organisme lain. Organisme tersebut disebut organisme heterotrof, yaitu organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga untuk memenuhi kebutuhannya tergantung pada organisme lain. Akibatnya terjadi peristiwa makan memakan.

Berdasarkan tingkat memakannya, terbagi menjadi:
  • Konsumen I atau primer : organisme yang makan produsen (tumbuhan hijau)
  • Konsumen II atau sekunder : organisme yang makan konsumen I atau primer.

Berdasarkan jenis makanannya, konsumen sebagai organisme heterotrof dibagi menjadi:
  • Herbivora: hewan pemakan tumbuhan. Sebagai contoh : kerbau, kambing & belalang.
  • Karnivora: Hewan pemakan daging. Sebagai contoh : anjing, elang & harimau.
  • Omnivora: hewan pemakan segalanya. Sebagai contoh : tikus, ayam & luwak.

3. Pengurai (dekomposer)
Adalah mikroorganisme yang menguraikan senyawa organik atau bahan makanan yang ada pada sisa organisme menjadi senyawa anorganik yang lebih kecil. Kelompok pengurai terdiri dari golongan jamur & bakteri yang tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga untuk memperoleh makanannya dengan cara menguraikan organisme yang telah mati. Hasil penguraiannya berupa zat mineral yang akan meresap ke dalam tanah kemudian zat mineral tersebut akan dimanfaatkan oleh tumbuhan.

Demikian Artikel Komponen Ekosistem (Biologi SMP Kelas 7), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi dapat dilihat di >> Materi Pelajaran Biologi SMP Kelas 7.
Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments