Sel Organisasi Kehidupan (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Sel Organisasi Kehidupan (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Sel merupakan unit terkecil dari suatu makhluk hidup. Karena ukurannya yang sangat kecil, maka untuk melihatnya harus dibantu dengan menggunakan mikroskop. Pertama kali sel ditemukan oleh Robert Hooke di tahun 1665 dan menyebutkan sel itu seperti kotak sarang lebah atau sel penjara. Di dalam sel terdapat 3 bagian utama yaitu antara lain:

Sel Organisasi Kehidupan (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)


1). Membran sel atau selaput sel
Merupakan selaput yang membungkus seluruh isi sel yang berfungsi untuk melakukan pertukaran zat dalam sel. Zat itu antara lain oksigen, zat makanan dan sisa metabolisme. Dinding sel hanya terdapat pada tumbuhan tersusun atas selulosa.

2). Inti Sel atau nukleus
Adalah bagian terpenting yang mengatur seluruh kegiatan sel. Pada umumnya bentuk inti sel bulat dan di dalamnya terdapat kromosom yang merupakan benang-benang pembawa sifat keturunan.

3) . Sitoplasma
Adalah cairan yang mengisi seluruh bagian dari sel. Di dalam sitoplasma terlarut zat makanan dan zat-zat lainnya. Selain itu juga terdapat benda–benda khusus yang disebut dengan organel sel dan rongga sel (vakuola).

Di dalam organel sel tersebut terdapat antara lain:
  • Vakuola merupakan rongga sel yang terdiri dari 2 macam, yaitu: vakuola berdenyut berfungsi untuk pengeluaran dan vakuola makanan berfungsi sebagai tempat pencernaan makanan.
  • Ribosom berfungsi sebagai tempat untuk sintesis protein atau pembentukan protein.
  • Mitokondria berfungsi untuk melakukan respirasi sel atau pernafasan sel untuk memperoleh energi.
  • Badan Golgi berfungsi sebagai alat pengeluaran.
  • Retikulum endosplasma berfungsi sebagai sekresi protein dan lemak.
  • Kloroplas adalah zat warna hijau daun.
DemikianSel Organisasi Kehidupan (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi dapat dilihat di >> Materi Pelajaran Biologi SMP Kelas 7.
Sel Organisasi Kehidupan (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments