Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)

Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Pengertian (definisi) dari adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk:
  • memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan).
  • mengatasi kondisi fisik lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas.
  • mempertahankan hidup dari musuh alaminya.
  • bereproduksi.
  • merespon perubahan yang terjadi di sekitarnya.

Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)

Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)
Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)

Untuk makhluk hidup yang dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, maka makhluk hidup ini dapat bertahan hidup lebih lama dan individu sejenisnya (populasi) akan cenderung bertambah menjadi lebih banyak. Namun untuk makhluk hidup yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan akan musnah/punah.

Sebagai contoh adaptasi pada hewan adalah terdapat berbagai bentuk paruh dan kaki pada burung sesuai dengan jenis makanan dan tempat hidupnya. Sedangkan contoh adaptasi pada tumbuhan adalah bentuk daun yang berbeda antara tumbuhan yang hidup di daerah lembap, berair, dan kering. Adaptasi juga dapat berbentuk tingkah laku, misalnya kerbau berkubang ketika udara panas.

Terdapat tiga macam adaptasi, yaitu:
  1. Adaptasi morfologi, yaitu penyesuaian diri terhadap alat-alat tubuhnya. Contoh: burung elang mempunyai kuku yang tajam untuk menerkam mangsa. Bunga teratai mempunyai daun yang lebar untuk memperluas bidang penguapan.
  2. Adaptasi fisiologi, yaitu penyesuian diri terhadap lingkungan dengan fungsi alat-alat tubuh. Contoh : Manusia menambah jumlah sel darah merah bila berada di pegunungan. Kotoran unta kering , tetapi urinenya kental
  3. Adaptasi tingkah laku, yaitu penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan tingkah lakunya. Contoh: Bunglon mengubah warna tubuhnya, ikan paus muncul ke permukan secara periodik.
Demikian artikel Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel biologi di >> Materi Biologi
Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments