Pengertian Motif Ekonomi dan Motif Non Ekonomi

Pengertian Motif Ekonomi dan Motif Non Ekonomi ~ KamuBisa-iO. Definisi dari motif ekonomi adalah dorongan manusia untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya dibedakan menjadi:
  • Motif intrinsik adalah keinginan memperoleh barang atau jasa karena dorongan dari kesadaran sendiri.
  • Motif ekstrinsik adalah keinginan memperoleh barang dan jasa karena pengaruh dari pihak luar.
Sedangkan pengertian dari motif non-ekonomi adalah keinginan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan, tanpa mempertimbangkan secara ekonomi. Lihat juga : Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Yang Bermoral

Pengertian Motif Ekonomi dan Motif Non Ekonomi

Pengertian Motif Ekonomi dan Motif Non Ekonomi
Pengertian Motif Ekonomi dan Motif Non Ekonomi

Macam-macam motif ekonomi

a. Motif memenuhi kebutuhan hidup & meningkatkan kemakmuran. 
Motif untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ini muncul karena diri manusia sendiri. Motif ini adalah merupakan hal yang paling wajar bagi setiap orang, sebab pemenuhan atas kebutuhan harus dilakukan untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak dan lebih baik.
b. Motif mencari keuntungan
Motif yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Motif ini umunya dimiliki oleh para pedagang atau produsen.
c. Motif mendapatkan kekuasaan ekonomi
Motif yang mendorong seseorang untuk mendapat kekuasaan dalam bidang ekonomi. Motif ini umumnya dilakukan oleh pedagang besar.
d.  Motif untuk memperoleh penghargaan
Motif yang mendorong seseorang untuk memperoleh penghargaan, baik penghargaan karena keahliannya maupun karena jasanya.

Macam-macam motif non-ekonomi

a. Motif ingin berbuat sosial
Motif yang mendorong seseorang untukberbuat kebaikan kepada sesamamanusia. Motif ini muncul karena adanya ingin membantu, meringankan atau menolong orang lain yang membutuhkan bantuan. Contohnya adalah dengan menyantuni anak yatim piatu, menyumbangkan barang, uang atau tenaga kepada bencana alam, menyisihkan sebagian tabungan untuk membantu sesama teman yang tidak bersekolah karena tidak mampu membayar biaya sekolah.
b. Motif kebutuhan estetika
Motif yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan keindahan. Contohnya keinginan untuk memiliki mobil antik.
c. Motif kebutuhan pengetahuan
Motif yang dilakukan untuk memenuhi keinginan manusia tentang segala sesuatu dengan mempelajari ilmu pengetahuan. Contohnya orang yang mempelajari ilmu umum maupun ilmu agama.
d. Motif kebutuhan keamanan
Motif untuk memenuhi keinginan akan keamanan, yakni supaya tidak ada gangguan, kriminal, dan yang membahayakan diri dalam mencapai tujuan hidup. Contohnya menaati peraturan, sopan santun dalam pergaulan.

Demikian artikel Pengertian Motif Ekonomi dan Motif Non Ekonomi, semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi.
Pengertian Motif Ekonomi dan Motif Non Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments