Kegiatan Ekonomi : Definisi dan Pengertian Kegiatan Konsumsi

Kegiatan Ekonomi : Definisi dan Pengertian Kegiatan Konsumsi ~ KamuBisa-iO. Konsumsi adalah merupakan suatu kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna dari suatu barang atau jasa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Fungsi dari komsumsi adalah supaya kelangsungan hidup tetap terjaga. Tujuan kegiatan konsumsi
  1. Mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa secara bertahap.
  2. Menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang sekaligus.
  3. Memuaskan kebutuhan jasmani dan rohani
Sedangkan pengertian konsumen adalah orang yang mengkonsumsi barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhannya. Lihat juga : Pengertian Kegiatan Produksi

Definisi dan Pengertian Kegiatan Konsumsi

Definisi dan Pengertian Kegiatan Konsumsi
Definisi dan Pengertian Kegiatan Konsumsi
Dalam kehidupan sehari-hari kita melakukan pemilihan atau menentukan skala prioritas karena kebutuhan tak terbatas, sedangkan sumber daya yang tersedia sangat terbatas. Konsep pemilihan ini merupakan perilaku mendasar dari konsumen. Konsep dasar perilaku konsumen menyatakan bahwa konsumen selalu berusaha untuk mencapai utilitas (utility) maksimal dalam pemakaian barang yang dikonsumsinya. Kegunaan (utility) adalah derajat seberapa besar sebuah barang atau jasa dapat memuaskan kebutuhan seseorang. Kegunaan atau nilai guna suatu barang dapat didasarkan dalam hal berikut ini.
  • Nilai guna total (total utility) adlaah kepuasan total yang dinikmati oleh konsumen dalam mengonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan.
  • Nilai guna maksimal (marginal utility) adlaah tambahan kepuasan yang dinikmati oleh konsumen dari setiap tambahan barang atau jasa yang dikonsumsinya.
  • Nilai guna yang semakin menurun (diminishing return) atau pemenuhan secara vertical yaitu nilai guna yang diperoleh konsumen untuk setiap tambah konsumsi yang dilakukan pada mulanya meningkat, tetapi sampai pada titik tertentu akan mengalami penurunan. Menurut Herman Henrich Gossen (1818-1859) ekonomi Jerman yang dikenal dengan Hukum Gossen I (Hukum kegunaan marginal yang menurun) yang bunyinya : jika pemenuhan kebutuhan akan suatu jenis barang dilakukan secara terus-menerus, maka rasa nikmatnya mula-mula akan tinggi, namun semakin lama kenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhir mencapai batas jenuh.
  • Nilai guna yang sama atau pemenuhan secara horizontal dikenal dengan Hukum Gossen II yang menyatakan bahwa konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupa sehingga nilai guna marginal setiap barang dan jasa yang dikonsumsi akan sama, artinya unit terakhir dari masing-masing produk yang dikonsumsi memiliki nilai sama.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi

A. Pendapatan
Semakin besar pendapatan maka jumlah konsumsi cenderung semakin besar. Hubungan pendapat dan konsumsi menurut Engel’s adalah sebagai berikut “Semakin besar pendapatan, semakin kecil bagian pendapatan itu digunakan untuk mengonsumsi barang pokok dan semakin meningkat bagian pengeluaran untuk konsumsi barang mental”. Pernyataan ini dikenal dengan istilah Engel’s Low,

B. Harga Barang dan Jasa
Secara normal jika harga naik, maka permintaan terhadap barang tersebut akan turun dan jika harga barang turun makan permintaan barang tersbeut akan naik, kecuali barang tersebut merupakan barang kebutuhan pokok.

C. Kebiasaan Konsumen
Perilaku konsumtif seseorang yang mempunyai kebiasaan belanja secara berlebihan yang belum tentu diperlukannya akan meningkatkan gejala konsumerisme di masyarakat.

D. Adat Istiadat
Pada acara tertentu yang merupakan adapt istiadat orang di suatu daerah akan membutuhkan barang-barang tertentu yang mungkin tidak sama di tiap-tiap daerah.

E. Barang Substitusi
Jika harga suatu barang naik, maka banyak konsumen akan beralih ke barang subsitusi untuk memenuhi kebutuhannya.

F. Selera Konsumen
Setiap konsumen mempunyai selera yang berbeda satu dengan yang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga selera akan mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang.

Ciri-ciri barang konsumsi
  • Barang konsumsi untuk mempeorlehnya diperlukan pengorbanan (barang ekonomi)
  • Barang konsumsi dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  • Manfaat nilai atau jumlah barang yang digunakan tersebut akan habis sekaligus atau berangsur-angsur.


Benda atau barang konsumsi dapat dibedakan sebagai berikut
  • Barang yang habis dalam sekali pemakaian, misalnya makanan, minuman, dan obat-obatan.
  • Barang yang pemakaiannya berulang-ulang atau dalam waktu relatif lama, contohnya sandal, sepatu,dll

Demikian artikel Kegiatan Ekonomi : Definisi dan Pengertian Kegiatan Konsumsi, semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Kegiatan Ekonomi : Definisi dan Pengertian Kegiatan Konsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments