Pengertian Norma, Macam Norma dan Contohnya (SMP Kelas 7)

Pengertian Norma, Macam Norma dan Contohnya (SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Definisi norma adalah kaidah (aturan) yang telah disepakati dan juga memberi pedoman perilaku untuk para anggotanya dalam rangka mewujudkan sesuatu yang dianggap baik dan diinginkan. Atau dapat juga dikatakan bahwa pengertian norma adalah kaidah atau pedoman bertingkah laku berisi perintah, anjuran dan larangan.

Pengertian Norma, Macam Norma dan Contohnya (SMP Kelas 7)

Pengertian Norma, Macam Norma dan Contohnya (SMP Kelas 7)
Pengertian Norma, Macam Norma dan Contohnya (SMP Kelas 7)

Macam-macam Norma

a). Agama.
Petunjuk hidup yang berasal dari Tuhan yang disampaikan melalui utusannya yang berisi perintah, larangan atau anjuran. Umumnya tidak langsung karena diberikan setelah meninggal dunia.

b). Kesusilaan.
Aturan yang datang atau bersumber dari hati nurani manusia (insan kamil) tentang baik buruknya suatu perbuatan. Tidak tegas, karena hanya diri sendiri yang merasakan (Merasa bersalah, malu, menyesal, dsb.)

c). Kesopanan.
Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan segolongan manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari. Norma kesopanan ini bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan dan waktu. Tidak tegas tapi dapat diberikan oleh masyarakat berupa celaan, cemoohan atau dikucilkan dari pergaulan.

d). Hukum.
Norma hukum adalah pedoman hidup yang dibuat dan dipaksakan oleh negara. Ciri norma hukum antara lain adalah diakui oleh masyarakat sebagai ketentuan yang sah dan ada penegak hukum sebagai pihak yang berwenang memberikan sanksi. Tujuan utama norma hukum adalah menciptakan suasana aman dan tentram dalam masyarakat. Tegas, Nyata, mengikat dan bersifat memaksa.

Contoh Norma

a). Agama : menjalankan sholat,, menjalankan puasa,dsb.
b). Kesusilaan : berbuat jujur dan adil,dll
c). Kesopanan : tidak berkata kasar, menghormati orang tua, dll
d). Hukum : dilarang mencuri, merampok,dll

Demikian artikel Definisi/ Pengertian Norma, Macam Norma dan Contohnya (SMP Kelas 7), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pengertian Norma, Macam Norma dan Contohnya (SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments