Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Salah satu dari ciri-ciri makhluk hidup adalah bernafas di mana bernapas adalah suatu proses pengambilan oksigen dari udara bebas serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Di sini fungsi dari oksigen dipakai untuk pembakaran zat makanan yang disebut proses oksidasi biologis yang akan menghasilkan energi yang digunakan untuk berbagai kegiatan. Untuk residu (sisa) oksidasi adalah berwujud karbon dioksida dan uap air dikeluarkan bersama udara yang dikeluarkan pada saat bernapas. Lihat juga : Biologi : Kingdom Animalia (Pelajaran SMP Kelas 7) dan Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)

Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
Berikut adalah beberaa contoh makhluk hidup dengan alat bernafasnya
1. Manusia : paru-paru
2. Ikan : insang
3. Katak : kulit dan paru-paru
4. Burung : paru-paru dan kantong udara
5. Belalang : trakea
6. Laba-laba : paru-paru buku. Baca juga : Mikroskop (Biologi SMP Kelas 7) dan Keselamatan Kerja (Biologi SMP Kelas 7)

Sedangkan pada tumbuhan apakah melakukan pernapasan? jawabnya adalah melakukan pernafasan. Supaya dapat bertahan hidup, tumbuhan juga harus bernapas guna mengambil oksigen dari udara bebas. Tetapi tumbuhan tidak mempunyai alat pernapasan khusus seperti pada hewan. Tumbuhan mengambil oksigen dari udara bebas melalui stomata dan lentisel. Mulut daun adalah lubang-lubang kecil di permukaan bawah daun, sedangkan lentisel merupakan lubang-lubang pada batang bergabus. Baca juga : Klasifikasi Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7) dan Jaringan Organisasi Kehidupan (Biologi SMP Kelas 7)

Demikian artikel Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Biologi Kelas VII dapat dilihat di >> Materi Pelajaran Biologi SMP Kelas 7.
Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments