Iritabilitas : Peka Terhadap Rangsangan (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Iritabilitas : Peka Terhadap Rangsangan  (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Iritabilitas adalah salah satu ciri makhluk hidup berupa kepekaan terhadap rangsang. Tidak hanya manusia dan hewan saja yang peka terhadap rangsang, tetapi pada tumbuhan walaupun tidak mempunyai sistem syaraf, tumbuhan juga dapat menanggapi rangsang yang ada dalam lingkungannya. Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan menanggapi rangsang dengan cara yang berbeda-beda. Lihat juga : Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi)

Iritabilitas : Peka Terhadap Rangsangan  (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Iritabilitas : Peka Terhadap Rangsangan  (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
Iritabilitas : Peka Terhadap Rangsangan  (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
Agar dapat bertahan hidup, semua makhluk hidup harus dapat menanggapi perubahan lingkungan. Misalnya secara spontan kamu akan menutup mata saat ada benda yang tiba-tiba mendekati mata. Contoh lainnya saat ada lalat yang hinggap di tubuh sapi bagian belakang, secara spontan sapi akan mengibaskan ekornya. Tanaman yang kamu letakkan di dalam rumah dekat jendela akan tumbuh ke arah sumber cahaya yaitu mendekati jendela. Jadi makhluk hidup mempunyai ciri peka terhadap rangsangan. Lihat juga : Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) dan Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Hewan dan manusia mempunyai indera dan dengan indera tersebut hewan dan manusia mengetahui rangsangan dari lingkungannya. Manusia mempunyai lima indera pokok yang disebut panca indera, yaitu mata yang peka terhadap rangsangan cahaya, telinga peka terhadap rangsangan suara, hidung peka terhadap rangsang bau, lidah peka terhadap rangsangan rasa, dan kulit yang peka terhadap rangsangan sentuhan, tekanan, panas, dingin, dan rasa sakit. Lihat juga : Biologi : Kingdom Animalia (Pelajaran SMP Kelas 7) dan Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)

Walaupun tumbuhan tidak mempunyai indera, tetapi tumbuhan juga memilki kepekaan terhadap rangsang, sebagai contoh peka terhadap rangsang pada tumbuhan adalah peristiwa saat kita menyentuh daun puteri malu maka daunnya akan segera menutup. Sesungguhnya semua tumbuhan peka terhadap rangsangan seperti air, mineral, cahaya matahari, gravitasi, dan kelembapan. Baca juga : Mikroskop (Biologi SMP Kelas 7)

Demikian artikel Iritabilitas : Peka Terhadap Rangsangan  (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Biologi Kelas VII dapat dilihat di >> Materi Pelajaran Biologi SMP Kelas 7
Iritabilitas : Peka Terhadap Rangsangan (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments