Kingdom Monera ( Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Kingdom Monera ( Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Monera adalah berasal dari kata monares yang dapat berarti tunggal. Sebagai contoh monera adalah bakteri dan ganggang biru. Mikroorganisme ini memiliki inti tetap, tidak memiliki selubung inti sehingga bersifat prokariotik.

Kingdom Monera ( Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Kingdom Monera ( Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
Kingdom Monera ( Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
A) Bakteri.
Tempat hidup bakteri di mana-mana misalnya di kulit, di mulut, di tanah, dan sebagainya. Struktur bakteri masih sangat sederhana tetapi mempunyai peranan yang penting. Umumnya tidak memiliki klorofil dan bersifat heterotrof. Berdasarkan bentuknya bakteri dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
Bacillus : bakteri berbentuk batang atau basil. Terdapat 3 macam bentuk bacillus, yaitu :
  1. Streptobacil, berbentuk panjang seperti rantai. Contoh: Bacillus antrhracis yg menjadi penyebab penyakit antraks, Diplobasil berkelompok dua-dua, Basil tunggal.
  2. Coccus : bakteri berbentuk bola. Terdapat lima macam bentuk coccus, yaitu: Monococcus(tunggal), Diplococcus (berkoloni dua-dua), Sreptococcus, Staphylococcus (seperti buah anggur), Sarcina (berbentuk kubus).
  3. Spirillum : bakteri berbentuk spiral. Terdapat tiga macam bentuk spririllum, yaitu :Spiral (berbentuk lebih dari setengah lingkaran), Koma (berbentuk kurang dari setengah lingkaran), Spirochaeta (berbentuk sulur berpilin). Lihat juga : Iritabilitas : Peka Terhadap Rangsangan  (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) dan Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi)
Dalam kehidupan sehari-hari bakteri ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan manusia.

Bakteri yang menguntungkan bagi manusia, antara lain :
  • Clostridium pasteurianum dan Azotobacter chroococcum ; mengikat nitrogen sehingga dapat menyuburkan tanah.
  • Rhizobium radicicola; terdapat dalam bintil akar kacang dapat menyuburkan tanah.
Bakteri yang merugikan bagi manusia, antara lain :
B) Ganggang biru (Chyanophyta).

Merupakan ganggang bersel satu, berbentuk koloni atau multisel, mempunyai klorofil karotenoid dan juga mempunyai pigmen yang tergolong fibobilin yaitu fikosianin berwarna biru dan fikoeritrin berwarna merah. Manfaat ganggang biru, antara lain: Anabaena azollae digunakan sebagai pupuk, Spirullina sebagai bahan makanan yang mengandung protein dan manfaat lainnya. Lihat juga : Biologi : Kingdom Animalia (Pelajaran SMP Kelas 7) dan Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)

Demikian artikel Kingdom Monera ( Pelajaran Biologi SMP Kelas 7),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Biologi Kelas VII dapat dilihat di >> Materi Pelajaran Biologi SMP Kelas 7
Kingdom Monera ( Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments