Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi)

Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi) ~ KamuBisa-iO. Pengertian/ definisi ekskresi adalah proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh. Di dalam proses oksidasi makanan selain menghasilkan energi, tubuh organisme juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari tubuh. Contoh: Manusia mengeluarkan karbondioksida melalui paru–paru, ikan mengeluarkan karbondioksida melalui insang. Pengeluaran zat sisa sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tidak membahayakan dan meracuni tubuhnya. Alat ekskresi pada manusia dapat berupa paru-paru, kulit, ginjal, dan anus. Ginjal mengeluarkan zat sisa berupa urin yang terdiri dari air, garam, dan urea. Anus merupakan poros sistem pencernaan yang mengeluarkan zat sisa berupa tinja, air, dan garam. Paru-paru mengeluarkan zat sisa berupa karbon dioksida dan uap air. Kulit mengeluarkan zat sisa berupa keringat yang terdiri dari air, urea, dan garam.

Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi)

Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi)
Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi)
Sedangkan pada tumbuhan, pengeluaran zat sisa pernapasan dapat dilakukan melalui stomata dan lentisel. Lihat juga : Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) dan Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Jadi salah satu ciri makhluk hidup adalah mengeluarkan zat sisa (Ekskresi), ketika makhluk hidup tidak bisa lagi mengeluarkan zat sisa maka makhluk hidup tersebut berada dalam kondisi tidak sehat dan dapat menimbulkan kematian terhadap makhluk hidup tersebut. Lihat juga : Biologi : Kingdom Animalia (Pelajaran SMP Kelas 7) dan Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)

Oksidasi zat makanan serta pertukaran zat di dalam tubuh makhluk hidup (metabolisme) selain menghasilkan energi juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Kadar zat sisa yang tinggi jika tidak dibuang akan membahayakan tubuh. Contoh paruparu dan insang mengeluarkan CO2 dan uap air, kulit mengeluarkan keringat, dan ginjal mengeluarkan urine. Tumbuhan mengeluarkan zat sisa melalui stomata. Baca juga : Mikroskop (Biologi SMP Kelas 7) dan Keselamatan Kerja (Biologi SMP Kelas 7)

Demikian artikel Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Biologi Kelas VII dapat dilihat di >> Materi Pelajaran Biologi SMP Kelas 7
Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 : Mengeluarkan Zat Sisa (Sistem Ekskresi) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments