Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Definisi dan Pengertian Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan berat kering sel makhluk hidup, yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke keadaan semula). Pada makhluk hidup bersel satu (uniseluler) pertumbuhannya ditunjukkan dengan bertambahnya volume dan ukuran sel. Sedangkan pertumbuhan pada makhluk hidup bersel banyak (multi seluler) terjadi karena jumlah sel bertambah banyak dan ukuran sel bertambah besar. Mengapa se dapat bertambah banyak? jawabnya adalah karena sel mengalami proses pembelahan. Efek dari pertumbuhan adalah bertambah tinggi dan berat badan seorang anak, dan bertambah panjangnya ukuran batang. Lihat juga : Bernafas Adalah Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
Sedangkan pengertian perkembangan adalah perubahan yang progesif dan kontinyu (berkesimnambungan) dalam diri individu mulai lahir sampai mati. Pengertian lainnya yaitu : Perubahan – perubhan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progesif, dan berkesinambungan baik menyangkut fisik maupun psikis.

1.Sistematis adalah perubahan dalam perkembangan itu bersifat saling ketergantungan atau saling mempengaruhi antara bagian – bagian organisme (fisik & psikis) dan merupakan satu kesatuan yang harmonis.
2.Progesif : perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat, dan mendalam baik secara kuantitatif (fisik) maupun kualitatif (psikis).
3.Berkesinambungan : perubahan pada bagian atau fungsi organisme berlangsung secara beraturan.

Ciri – ciri perkembangan secara umum yaitu :
  • Terjadinya perubahan dalam aspek fisik (perubahan berat badan dan organ – organ tubuh) dan aspek psikis (matangnya kemampuan berpikir, mengingat, dan berkreasi)
  • Terjadinya perubahan dalam proporsi; aspek fisik (proporsi tubuh anak beubah sesuai dengan fase perkembangannya) dan aspek psikis (peru bahan imajinasi dari fantasi ke realitas)
  • Lenyapnya tanda – tanda yang lam; tanda - tanda fisik (lenyapnya kelenjar thymus (kelenjar anak – anak) seiring bertambahnya usia) aspek psikis (lenyapnya gerak – gerik kanak – kanak dan perilaku impulsif).
  • Diperolehnya tanda – tanda yang baru; tanda – tanda fisik (pergantian gigi dan karakter seks pada usia remaja) tanda – tanda psikis (berkembangnya rasa ingin tahu tentang pengetahuan, moral, interaksi dengan lawan jenis). Lihat juga : Biologi : Kingdom Animalia (Pelajaran SMP Kelas 7) dan Adaptasi Ciri Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)
Tumbuh merupakan perubahan ukuran tubuh akibat bertambahnya jumlah sel dan volume tubuh. Pertumbuhan bersifat ireversibel, artinya tidak dapat kembali ke bentuk semula. Misalnya dari tubuhmu yang bertambah tinggi dan tidak akan kembali menjadi pendek lagi. Sedangkan berkembang merupakan proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif. Misalnya telur katak menetas menjadi berudu, lalu menjadi katak berekor, katak muda, dan akhirnya berkembang menjadi katak dewasa. Baca juga : Mikroskop (Biologi SMP Kelas 7) dan Keselamatan Kerja (Biologi SMP Kelas 7)

Pertumbuhan pada manusia dan hewan bersifat terbatas, artinya hanya tumbuh sampai usia tertentu dan sesudah itu pertumbuhannya akan berhenti. Sedangkan pertumbuhan pada tumbuhan umumnya tidak terbatas, artinya tumbuhan akan selalu tumbuh selama hidupnya. Baca juga : Klasifikasi Makhluk Hidup (Biologi SMP Kelas 7)

Demikian artikel Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Biologi Kelas VII dapat dilihat di >> Materi Pelajaran Biologi SMP Kelas 7
Tumbuh dan Berkembang (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments