Pengertian Saham dan Jenis Saham

Pengertian Saham dan Jenis Saham ~ KamuBisa-iO. Temukan apa definisi dari saham/ sero/ andil dan apa saja jenis-jenis saham.

Pengertian Saham
Saham adalah surat tanda penyertaan atas modal suatu perseroan terbatas. Pemegang saham dalam perseroan mempunyai kewajiban terbatas. Perseroan bertanggung jawab atas tindakan dan kewajibannya, oleh karena itu kreditur tidak tidak mempertimbangkan aktiva di luar milik perseroan untuk jaminan kreditnya. Jadi, kerugian keuangan yang ditanggung pemegang saham hanya sejumlah yang ditanamnya.  Baca juga : Sekilas Tentang Pengertian Perseroan Terbatas (Akuntansi Keuangan)

Pengertian Saham dan Jenis Saham

Pengertian Saham dan Jenis Saham
Pengertian Saham dan Jenis Saham
Jenis Saham
Berdasarkan jenisnya, saham dikelompokkan menjadi:
1. Saham Biasa (Common Stock)
2. Saham Istimewa (Preferred Stock)

Saham Biasa (Common Stock)
Saham biasa (Common Stock) adalah saham yang memiliki hak yang sama bagi setiap pemegang saham. Baca juga : Pengguna atau Pemakai Laporan Keuangan

Saham Istimewa (Preferred Stock)
Saham Istimewa (Preferred Stock) adalah saham yang memiliki hak preferensi atau hak istimewa bagi pemegang saham. Saham Istimewa (Preferred Stock) ada dua jenis, yaitu:

a.Saham preferen komulatif
Berhak memperoleh dividen pada setiap tahun bukunya. Apabila dalam suatu tahun buku dividen belum dibayarkan (disebut dividen menunggak),dividen tersebut tetap harus dibayarkan terlebih dahulu. Baca juga : Tujuan Laporan Keuangan (Tujuan Umum dan Kualitatif)

b.Saham preferen tidak komulatif
Berhak memperoleh dividen pada setiap tahun bukunya. Apabila dalam suatu tahun buku dividen belum dibayarkan (disebut dividen menunggak),dividen tersebut tidak dibayarkan terlebih dahulu. Baca juga : Konsep Dasar Akuntansi (Laporan Keuangan)

Sedangkan sifat saham preferen terbagi dua, yaitu:

a.Saham preferen berpartisipasi
  • Saham Prioritas Berpartisipasi Penuh : Saham prioritas berhak atas deviden dengan jumlah yang sama besar dengan saham biasa setelah saham biasa memperoleh deviden sebesar % deviden saham prioritas.
  • Saham Prioritas BerpartisipasiSebagian : Saham prioritas hanya mendapat deviden sampai dengan % yang ditetapkan sesudah saham biasa mendapat deviden dengan tarif yang sama dengan saham prioritas.
b. Saham preferen tidak berpartisipasi
Saham prioritas tidak berpartisipasi menerima deviden tiap tahun sebesar tarif yang telah ditetapkan. Lihat juga : Asumsi Dasar Akuntansi (Laporan Keuangan)

Demikian artikel Pengertian Saham dan Jenis Saham,  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Akuntansi Keuangan Intermediate dapat dilihat di >> Materi Akuntansi Keuangan Intermediate.
Pengertian Saham dan Jenis Saham Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments