Pos (Akun) Dalam Laporan Keuangan Neraca

Pos Dalam Laporan Keuangan Neraca ~ KamuBisa-iO. Neraca tersusun atas akun yang pada prinsipnya terbagi menjadi Aktiva, Hutang dan Modal.

Pos (Akun) Dalam Laporan Keuangan Neraca

Pos (Akun) Dalam Laporan Keuangan Neraca
Pos (Akun) Dalam Laporan Keuangan Neraca
Aktiva
Aktiva Lancar
Aktiva lancar merupakan suatu komponen dalam neraca yang tidak lain berisi harta perusahaan yang dapat diharapkan bisa dikonversikan menjadi uang kas dalam kurun kurang dari satu tahun atau satu siklus bisnis perusahaan.

Investasi Jangka Panjang. Yang termasuk dalam investasi jangka panjang adalah yang tidak termasuk aktiva lancar, aktiva tetap, aktiva lain-lain dan aktiva belum pasti, sebagai contoh investasi jangka panjang untuk surat-surat berharga seperti saham. Lihat juga : Pengertian Neraca dan Contohnya dan Pengertian dan Contoh Perusahaan Dagang dan Pengertian Deviden

Aktiva Tetap adalah aktiva-aktiva yang berwujud yg sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal. Dikataan dengan istilah relatif permanen karena menunjukan sifat dimana aktiva yang bersangkutan dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif cukup lama. Akitiva tetap berwujud yang dimiliki oleh suatu perusahaan dapat mempunyai macam-macam bentuk.

Aktiva tidak berwujud
Aktiva ini tidak memiliki fisik namun mempunyai nilai bagi perusahaan, sebagai contoh hak paten, hak royalti, atau hak lainnya.

Aktiva Lain-lain adalah aktiva yang tidak dapat dikelompokkan dalam aktiva yang telah disebutkan di atas.

Hutang

Hutang Lancar
Hutang lancar adalah kelompok utang yang berisi tagihan yang harus dibayar oleh perusahaan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Baca juga : Biaya Pendirian Perseroan Terbatas dan Pengertian Agio dan Disagio Saham Serta Pencatatan Jurnalnya

Htang Jangka Panjang
Hutang jangka panjang adalah hutang perusahaan yang jatuh tempo bukan pada tahun berjalan. Porsi yang akan jatuh tempo pada tahun berjalan harus dipindahkan ke kelompok utang lancar.

Hutang Lain-lain adalah hutang yang tidak dapat dimasukkan ke dalam hutang lancar dan jangka panjang.

Modal

Modal Sendiri yang merupakan selisih antara aktiva dengan hutang kepada pihak luar. Baca juga :  Pengertian Saham dan Jenis Saham

Demikian artikel Pos (Akun) Dalam Laporan Keuangan Neraca,  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Akuntansi Keuangan Intermediate dapat dilihat di >> Materi Akuntansi Keuangan Intermediate.
Pos (Akun) Dalam Laporan Keuangan Neraca Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments