Adat Bugis (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Adat Bugis (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9) ~ KamuBisa-iO. Suku Bugis adalah masyarakat asli Sulawesi Selatan, mereka berpedoman pada agama islam serta merupakan salah satu suku yang patuh dalam mengamalkan ajaran lslam. Orang-orang Bugis menyebar di dataran rendah yang subur serta di daerah pesisir maka rata-rata masyarakat hidup sebagai petani dan nelayan serta beberapa sebagai pedagang.

Adat Bugis (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Adat Bugis (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Tinggal di pesisir bikin orang Bugis berpengalaman dalam mengarungi samudra. Mereka merantau sampai Malaysia, Filipina, Brunei, Thailand, Australia, serta Afrika Selatan. Bahkan juga di Cape Town Afrika Setatan ada suatu Suburb yang bernama Maccassar. Merantau adalah budaya Bugis yang didorong oleh kemauan akan kemerdekaan. Kebahagian dalam adat Bugis hanya bisa dicapai dengan kemerdekaan. Hal semacam ini didorong oleh penjajahan Portugis di wilayah ini pada saat terdahulu. Tiap-tiap suku di lndonesia mempunyai kebiasaan atau adat istiadat sendiri-sendiri.

Baca juga : Adat Melayu

Di Bugis, ada jenis tarian adat yang namakan tari pergaulan. Tarian itu bisa dimainkan, baik oleh penari tunggal ataupun kelompok. Tarian yang dimainkan dengan cara ber : kelompok, umumnya dimainkan oleh sekumpulan wanita atau sekumpulan laki-laki. Jadi, tak ada kelompok laki-laki serta wanita menjadi satu. Tarian yang dimainkan oleh sekumpulan laki-laki dimaksud Pakarena Burakne. Adapun tarian yang dimainkan oleh sekumpulan wanita dimaksud tari Pakarena Baine. Ke-2 type tarian itu melukiskan kehalusan putra putri Bugis. Tari pergaulan kerap kali di sajikan dalam beragam upacara.
Baca : Sekaten
Demikian artikel Adat Bugis (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Sejarah dapat dilihat di >> Materi Sejarah
Adat Bugis (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments