Pengertian Norma (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7)

Definisi & Pengertian Norma (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Norma adalah aturan-aturan yang memuat petunjuk mengenai tingkah laku yang harus atau tidak boleh dilakukan manusia dan mempunyai sifat yang mengikat. Dengan demikian berarti bahwa manusia wajib menaati norma yang ada. Definisi lain tentang norma yaitu kaidah atau ketentuan yang mengatur kehidupan dan hubungan antarmanusia. Norma merupakan petunjuk hidup bagi manusia dan pedoman perilaku seseorang yang berlaku di masyarakat.

Pengertian Norma (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7)

Pengertian Norma (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7)
Sebagai kaidah, ketentuan, atau petunjuk hidup norma mengikat setiap anggota masyarakat.  Norma menjamin keamanan, dan ketertiban demi kelangsungan hidup masyarakat tersebut. Keberadaan norma sangat diperlukan untuk memberi petunjuk kepada manusia tentang bagaimana manusia harus bersikap dan bertingkah laku dalam masyarakat agar tercipta kehidupan bersama yang tertib, tenteram, aman, dan harmonis. Dengan kata lain  norma merupakan pedoman hidup anggota masyarakat yang memberikan batasan untuk bertindak dan menentukan sesuatu itu baik atau buruk.
Baca juga : Adat Sunda & Adat Madura
Demikian artikel Pengertian Norma (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Pengertian Norma (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments