Pengertian Tradisi Islam Nusantara (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Pengertian Tradisi Islam Nusantara (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9) ~ KamuBisa-iO. Nusantara adalah sebutan lain dari lndonesia. Disebut nusantara sebab wilayah ini tendiri dari banyak pulau (nusa = pulau, tara = antara). Pengertian tradisi yaitu adat kebiasaan turun-temurun yang masih tetap dilakukan dalam masyarakat. Saat sebelum lslam masuk ke Nusantara, masyarakat Nusantara telah mengetahui beragam keyakinan yakni animisrne dan dinamisme.

Pengertian Tradisi Islam Nusantara (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Pengertian Tradisi Islam Nusantara (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Di samping keyakinan ada agama yang telah berkernbang dianut masyarakat yakni agama Hindu. Bahkan juga agama Hindu ini sudah masuk ke lndonesia jauh saat sebelum agama lslam berkembang. Buktinya yaitu ada kerajaan Hindu Sriwijaya, Taruma Negara, Langka Suka, dan sebagainya. Dan juga peninggalan sejarah berbentuk candi-candi. Keyakinan yang diyakini oleh masyarakat ini menyebabkan proses dakwah islam ketika itu tak lepas dengan kebiasaan yang telah berlaku. Keyakinan Masyarakat yang telah mendarah daging tak mungkin bisa di hilangkan begitu saja dengan cara langsung. Walau demikian, membutuhkan proses yang cukup lama. Kebiasaan lslam di Nusantara adalah akulturasi atau perpaduan antara ajaran lslam dan tradisi yang berkembang di anut masyarakat Nusantara.

Artikel lainnya selain Pengertian Tradisi Islam Nusantara (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9) : Landasan Hukum Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat di Indonesia

Contohnya nyadran yang umum dikerjakan orang-orang Jawa beberapa hari saat datang bulan Ramadhan. Nyadran yaitu upacara masyarakat datang ke makam dengan membawa  makanan untuk kenduri dikuburan. Sesudah usai sebagian makanan di makan. Acara ini adalah kombinasi antara ajaran lslam (ziarah kubur) dan tradisi (kenduri). Tadisi lslam di Nusantara adalah cara dakwah penyebaran agama lslam yang dikerjakan banyak ulama saat itu. Beberapa ulama tak menghapus secara keseluruhan kebiasaan yang telah berjalan di masyarakat. Mereka memasukkan ajaran-ajaran lslam dalam adat-adat itu. Dengan harapan, masyarakat tak merasa kehilangan adatnya dan ajaran islam juga bisa di terima. Dengan hal tersebut. tradisi Islam yang ada di Nusantara bukanlah merupakan ajaran lslam yang perlu diamalkan, namun sebagai cara dakwah waktu itu.
Demikian artikel Pengertian Tradisi Islam Nusantara (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Sejarah dapat dilihat di >> Materi Sejarah
Pengertian Tradisi Islam Nusantara (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments