Arti Penting Hukum bagi Warga Negara (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7)

Arti Penting Hukum bagi Warga Negara (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Hukum di ciptakan untuk menciptakan ketertiban serta kedamaian dalam masyarakat lewat usaha penciptaan kepastian hukum. Fungsi hukum yaitu membuat perlindungan kepentingan orang lain. 

Arti Penting Hukum bagi Warga Negara (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7)

Dalam melaksanakan perannya, hukum memiliki fungsi sangat utama, seperti berikut.
1. Menertibkan masyarakat serta pergaulan hidup.
2. Menyelesaikan pertikaian.
3. Memelihara dan mempertahankan ketertiban serta aturan.
4. Merubah tata tertib serta aturan-aturan dalam rencana penyesuaian dengan keperluan masyarakat.
5. Memenuhi tuntutan keadilan serta kepastian hukum lewat cara merealisasikan fungsi hukum.
Konsekwensi proses peraturan hukum ini bisa dipaksakan oleh alat-alat negara. Di bawah ini beberapa contoh pelaksanaan hukum.

1. Pengendara kendaraan bermotor tidak hanya harus memiliki surat-surat juga mesti mengendarainya di sisi sebelah kiri. Siapa saja yangtidak mematuhi bakal dikenakan tilang (UU Lalu Lintas).

2. Perkawinan seperti tercantum dalam Pasal 2 UU No. 1 Th. 1974 yaitu sah apabila dikerjakan menurut hukum masing-masing agamanya serta kepercayaan itu. Diluar itu, tiap tiap perkawinan mesti dicatat menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

3. KUHP Pasal 353 ayat (1) dijelaskan bahwa penganiayaan dengan rencana terlebih dulu, diancam dengan pidana penjara paling lama 4 th..

Ada 3 prinsip yang perlu dipegang teguh oleh tiap-tiap warga negara dalam rangka mematuhi serta menjunjung tinggi hukum di lndonesia. Prinsip-prinsip itu seperti berikut.
  • Supremasi (aturan kekuasaan yang paling tinggi) pada aturan hukum, berarti tak ada kekuasaan dan penguasa yang bisa sewenang-wenang dan hanya kepada orang yang tidak mematuhi hukum bakal dikenakan hukuman.
  • Kedudukan yang sama dalam menghadapi hukum, berarti semua warga negara memiliki kedudukan yang sama, tanpa memandang perbedaan, mesti tunduk serta taat pada hukum yang berlaku.
  • Terjaminnya hak-hak manusia oleh undang-undang dan keputusan pengadilan, tujuannya bahwa tiap-tiap hak warga negara ditata pelaksanaannya, dijamin, serta dilindungi dari gangguan orang lain.
Usaha yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran hukum dalam masyarakat lewat cara seperti berikut.

1. Memperkenalkan hukum mulai sejak awal.
2. Pembinaan hukum dimulai dari keluarga.
3. Memperkenalkan hukum di sekolah
4. Sosialisasi hukum dalam masyarakat.
5. Peran masyarakat dalam controlling.
Lihat juga : Pembagian Hukum
Demikian artikel Arti Penting Hukum bagi Warga Negara (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Arti Penting Hukum bagi Warga Negara (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments