Definisi & Pengertian Neraca Lajur Serta Contoh Kolomnya

Definisi dan Pengertian NERACA LAJUR Serta Contoh Kolomnya - Neraca lajur yaitu daftar berkolom yang memuat data yang dibutuhkan untuk membikin jurnal penyesuaian (adjustment) serta laporan-laporan keuangan. Neraca lajur ini sangat mungkin disusunnya laporan-laporan keuangan periode pendek (bulanan, kuartalan) tanpa butuh membuat jurnal penyesuaian yg formal. Jumlah kolom di dalam neraca lajur dapat disesuaikan dengan kepentingan perusahaan. Untuk usaha-usaha dagang umumnya di buat neraca lajur sepuluh kolom yang memiliki bentuk seperti berikut :

Pengertian Neraca Lajur Serta Contoh Kolomnya

Pengertian Neraca Lajur Serta Contoh Kolomnya
Kolom rekening di isi nama-nama dari rekening yang ada di dalam buku besar. Kolom neraca saldo diisi saldo masing-masing rekening bila saldo debet ditempatkan di kolorn debet, bila saldo kredit ditempatkan di kolom kredit. Jumlah kolom debet serta kredit mesti sama. Kolom penyesuaian diisi dengan jumlah penyesuaian yang ada, mungkin di sebelah debet mungkin saja juga di sisi kredit, jumlah debet serta kredit mesti sama. Kolom neraca saldo disesuaikan berisi jumlah-jumlah yang berasal dari kolom neraca saldo ditambah atau dikurangi dengan jumlah-jumlah dalam kolom penyesuaian, jumlah debet dan credit dalam kolom ini mesti sama.

Kolom rugi laba berisi jumlah seluruh rekening nominal yang berasal dari neraca saldo disesuaikan, selisih antara jumlah debet serta credit adalah laba atau rugi untuk periode berjalan. Jika jumlah credit lebih besar daripada jumlah debet, maka selisihnya yaitu disebut laba dan demikian sebaliknya.
Kolom neraca diisi semua jumlah rekening riel yang berasal dari kolom neraca saldo disesuaikan, selisih jumlah debet dan credit sama dengan selisih dalam kolom rugi laba. Jika kolom rugi laba jumlah creditnya lebih besar dari kolom debet, rnaka dalam kolom neraca jumlah kolom debet akan lebih besar dari pada jumlah kolom credit dan demikian sebaliknya. Untuk perusahaan manufaktur, neraca lajurnya sedikit lainlantaran ada kolom biaya produksi yang digunakan untuk memperlihatkan semua jumlah yang dibutuhkan untuk membuat laporan harga pokok produksi. Salah satu bentuk NERACA LAJUR untuk perusahaan manufaktur adalah seperti berikut :

Kolom biaya produksi berisi jumlah-jumlah rekening-rekening yang berhubungan dengan produksi, selisih antara kolom debit dan credit adalah harga pokok produksi buat periode yang bersangkutanserta dipindahkan ke kolom rugi laba.

Penyesuaian-penyesuaian dalam kolom penyesuaian yang mendebet atau mengkredit rekening harga pokok penjualan (yakni untuk mencatat persediaan akhir barang jadi serta menutup persediaan awal barang jadi) bakal ditunjukkan dalam kolom rugi laba baik debit ataupun creditnya (bukan sekedar selisih jumlah debet serta credit). Hal semacam ini dilaksanakan supaya kolom rugi laba bisa memperlihatkan seluruh data yang dibutuhkan untuk menyusun laporan harga pokok penjualan.

Sesudah neraca lajur usai disusun, bisa di buat laporan-laporan keuangan. Lihat juga Pengertian Neraca dan Contohnya dan Pengertian Aktiva Tidak Berwujud

Demikian artikel Definisi & Pengertian Neraca Lajur Serta Contoh Kolomnya,  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Akuntansi Keuangan Intermediate dapat dilihat di >> Materi Akuntansi Keuangan Intermediate
Definisi & Pengertian Neraca Lajur Serta Contoh Kolomnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments