Pengertian Investasi Jangka Pendek

Pengertian Investasi Jangka Pendek ~ KamuBisa-iO. Apa sih definisi dari investasi jangka pendek? Kelebihan dari uang kas yang ada dalam suatu perusahaan tidak akan menimbulkan terjadinya pendapatan. Oleh sebab itu  kelebihan kas tersebut alangkah baiknya jika diinvestasikan selama masa tidak terpakainya kas tersebut. Karena jangka waktu tidak dipakainya kas tersebut relatif pendek, rnaka investasi juga dilakukan dalam jangka pendek. Investasi jangka pendek bisa dilakukan dalam bentuk deposito, sertifikat bank atau surat-surat berharga yaitu saham dan obligasi. Di dalam neraca investasi jangka pendek termasuk dalam kelompok aktiva lancer.

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Pengertian Investasi Jangka Pendek
Pengertian Investasi Jangka Pendek

Surat-surat berharga yang dibeli untuk tujuan investas jangka pendek harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  • Surat-surat berharga itu harus dapat segera dijual kembali dengan harga yang berlaku pada tanggal penjualannya. Surat-surat berharga yang mernenuhi syarat ini adalah surat-surat berharga yang terdaftar dalam bursa saham.
  • Penjualannya kembali oleh pimpinan perusahaan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan uang.
Surat-surat berharga yang memenui syarat-syarat di atas mungkin dimiliki dalam waktu yang sangat singkat atau mungkin juga agak lama Tetapi karena surat-surat berharga tersebut merupakan sumber uang yang segera maka di dalam neraca dikelompokkan dalam aktiva lancer. Apabila Syarat-syarat di atas tidak memenuhi maka akan dikelompokkan dalam investasi jangka panjang.

Demikian artikel Pengertian Investasi Jangka Pendek,  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Akuntansi Keuangan Intermediate dapat dilihat di >> Materi Akuntansi Keuangan Intermediate.
Pengertian Investasi Jangka Pendek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments