Ciri-ciri Wirausaha

Ciri-ciri Wirausaha ~ KamuBisa-iO. Seorang wirausaha harus bisa melihat kekuatan apa yang ada di dalam dirinya sehingga akan mempunayi manfaat bagi dirinya dan juga bagi orang lain.

Ciri-ciri Wirausaha

Ciri-ciri Wirausaha
Ciri-ciri Wirausaha
Untuk sifat wirausaha yang harus dimiliiki adalah sebagai berikut:
  • Mempunyai gairah/ semangat dan kemauan yang keras dalam rangka mengatasi kesulitan yang dihadapi.
  • Mengutamakan efisiensi dan penghematan biaya.
  • Seorang wirausaha memiliki sifat pemberani di dalam memnagmbil resiko dalam rangka memperoleh keuntungan.
  • Tidak bersifat konsumtif, selalu menanamkan kembali keuntungan yang diperoleh, baik untuk keperluan usaha yang sudah ada atau usaha-usaha yang baru.
  • Selain itu juga memiliki daya kreasi, imajinasi dan kemampuan yang baik untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi.
  • Mempunyai kemampuan untuk menarik bawahan dan rekan usaha.
  • Memiliki kemampuan dalam analisis yang tepat, sistematis, dan metodologis.
  • Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan kesempatan yang ada, dengan membawa teknik-teknik baru dan mengorganisasi usaha-usahanya secara efektif dan efisien.
Sedangkan menurut pendapat Bygrave karakteristik wirausahawan adalah sebagai berikut yang dikenal dengan istilah 10 D.

1. Dream (Visi ke Depan). Artinya harus memiliki visi atau pandangan ke masa depan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan usahanya serta memiliki kemampuan dalam mewujudkan visinya.

2. Decisiveness (Keputusan dengan Cepat). Artinya adalah orang yang dapat bekerja dengan cepat dalam menghasilkan sesuatu. Seorang wirausahaharus dapat membuat suatu keputusan dengan cepat, tepat dan penuh perhitungan, agar berhasil dalam mengembangkan usahanya.

3. Doers (Melaksanakan Keputusan)
. Artinya dalam mengambil keputusan akan langsung menindaklanjuti. Kegiatannya dilaksanakan secepat mungkin dengan penuh perhitungan, tidak menunda kesempatan yang baik dalam menjalankan bisnisnya.

4. Determination (Penentuan/Kebulatan Tekad). Artinya melaksanakan kegiatannya dengan  penuh perhatian, rasa tanggung jawab, dan tidak mudah menyerah, walaupun dihadapkan pada halangan dan rintangan yang mustahil untuk diatasi.

5. Dedication (Pengabdian). Artinya harus memiliki dedikasi yang tinggi terhadap bisnisnya, kadang-kadang mengorbankan kepentingan keluarga untuk sementara waktu. Seorang wirausaha juga melaksanakan pekerjaannya yang perhatiannya dipusatkan untuk kegiatan bisnisnya.

6. Devotion (Mencintai Pekerjaan)
. Artinya harus mencintai pekerjaan bisnisnya dan produk yang dihasilkannya. Hal inilah yang mendorong keberhasilan yang efektif untuk menjual produknya.

7. Details (Dapat Memerinci). Artinya sangat memperhatikan faktor-faktor yang sangat rinci terhadap apa yang terjadi selama menjalankan kegiatan usahanya. Wirausaha tidak mengabaikan faktor-faktor yang kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.

8. Destiny (Bertanggung Jawab atas Nasib Usahanya). Artinya bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Wirausahawan merupakan orang yang bebas dan tidak mau bergantung pada orang lain.

9. Dollars (Kekayaan). Artinya tidak mengutamakan pada pencapaian kekayaan dan motivasinya bukan karena masalah uang. Dia berasumsi jika berhasil dalam bisnisnya, maka ia pantas mendapat laba, bonus, atau hadiah.

10. Distribute (Membagi-bagi)
. Artinya bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada orang-orang kepercayaannya, yaitu orang-orang yang kritis dan mau diajak untuk mencapai sukses dalam bisnisnya.
Demikian artikel Ciri-ciri Wirausaha, semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Ciri-ciri Wirausaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments