Nilai dan Jenis Uang (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Nilai dan Jenis Uang (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Pada artikel ini akan sedikit diulas mengenai nilai serta jenis dari uang.

Nilai dan Jenis Uang (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Nilai dan Jenis Uang (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
Nilai dan Jenis Uang (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
1. Nilai Uamg

- Nilai uang dilihat dari asalnya
  • Nilai nominal, yaitu nilai uang berdasarkan tulisan yang tertera pada uang.
  • Nilai intrinsik, yaitu nilai uang berdasarkan pada bahan yang digunakan untuk membuat uang tersebut.
- Nilai uang dilihat dari ukurannya
  • Nilai internal, yaitu nilai uang yang diukur berdasarkan kemampuan uang untuk mendapatkan sejumlah barang dan jasa.
  • Nilai eksternal, yaitu nilai uang yang diukur dengan sejumlah mata uang luar negeri (kurs), misalnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.
2. Jenis UangAda 2 macam jenis dari uang yaitu uang kartal dan uang giral.

- Uang Kartal
Uang kartal adalah alat pembayaran yang sah dan juga dapat diterima secara umum. Adapun jenis uang kartal terdiri atas uang kertas dan uang logam. Untuk uang kertas dapat dibagi mrenjadi uang kertas bank dan uang kertas negara. Pengertian uang kertas bank adalah surat utang tidak berbunga yang dapat dipakai sebagai alat pembayaran. Sedangkan uang kertas negara adalah uang yang dikeluarkan oleh negara bukan merupakan surat utang namun dipakai untuk melakukan pembayaran pemerintah. Untuk uang logam terdiri atas uang standar, uang tanda, dan uang pas.
  • Uang standar adalah uang yang menjadi standar keuangan suatu negara.
  • Uang tanda merupakan uang yang nilainya bergantung pada nilai nominalnya.
  • Uang pas adalah alat pembayaran yang sah dalam jumlah terbatas dan diatur oleh pemerintah.
- Uang Giral

Pengertian uang giral adalah saldo yang tersedia pada bank yang bisa diambil kapan saja dengan giro, cek, dan telegraļ¬c transfer. Uang giral bisa terjadi apabila:
  • penyerahan uang kartal di bank;
  • penjualan saham perusahaan melalui bank; dan
  • penerimaan atau pinjaman (kredit) dari bank (loan deposit).
Berikut adalah macam-macam uang giral yang dipakai :

- Bilyet Giro

Definsi bilyet giro adalah surat perintah kepada bank agar bank membayar sejumlah uang dari rekening nasabah bank kepada rekening nasabah lain yang ditunjuk dengan cara memindahbukukannya. Pada pembayaran melalui bilyet giro tidak terjadi pengeluaran atau serah terima uang tunai, yang terjadi hanya pemindahan rekening dari rekening seseorang kepada rekening orang lain. Sehingga pembayaran melalui bilyet giro lebih aman apabila dibandingkan dengan pembayaran melalui uang tunai atau cek.
- Telegrafic Transfer

Pengertian telegrafic transfer adalah perintah pembayaran yang dilakukan dengan pemindahan antar rekening dalam suatu bank yang sama melalui telegram. Pembayaran melalui telegrafic transfer dilakukan apabila jarak antara pembayar dengan yang dibayar berjauhan dan ingin cepat, aman, serta menghemat waktu.

- Cek

Pengertian cek adalah surat perintah dari nasabah yang mempunyai rekening atau simpanan di bank agar bank membayar sejumlah uang kepada pihak atau orang yang disebutkan dalam cek.
Baca juga : Fungsi Uang dan  Pengertian Uang
Demikian artikel Nilai dan Jenis Uang (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Nilai dan Jenis Uang (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments