Mengenal Siklus Ekonomi (circular flow diagram)

Mengenal Siklus Ekonomi (circular flow diagram) ~ KamuBisa-iO. Kita mengenal ada beberapa macam siklus ekonomi yang ada, dan berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Mengenal Siklus Ekonomi (circular flow diagram)

Kegiatan Ekonomi Dua Sektor

Yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dua sektor adalah hanya melibatkan dua pelaku ekonomi saja yaitu rumah tangga dan perusahaan.
Corak Kegiatan Ekonomi Subsistem
Di corak kegiatan ekonomi subsistem ini para penerima pendapatan, dalam hal ini adalah rumah tangga tidak menabung, dan para pengusaha tidak menanam modalnya. Bagan pendapatan untuk masyarakat yang seperti ini adalah sebagai berikut :

Mengenal Siklus Ekonomi (circular flow diagram)

Untuk kegiatan ekonomi yang seperti ini apabila pada sektor produksi memakai seluruh faktor produksi yang tersedia, pengeluaran pada sektor rumah tangga akan sama dengan nilai barang dan jasa yang diproduksi. Kegiatan perekonomian seperti ini merupakan gambaran paling sederhana yang terjadi pada suatu perekonomian yang masih mmenggunakan cara barter.

Corak Perekonomian Modern
Untuk corak perekonomian maju para penerima pendapatan akan menyisihkan sebagian pendapatan  untuk ditabung. Kemudian tabungan tersebut akan dihutangkan kepada pengusaha yang akan menggunakannya untuk investasi, yaitu melakukan pembelian barang-barang modal.


Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor

Pengertian kegiatan ekonomi tiga sektor adalah para pelaku ekonomi yang terlibat selain dari rumah tangga dan perusahaan adalah pemerintah. Di kegiatan ekonomi ini pemerintah memiliki peran dan pengaruh dalam perekonomian.

 
Kegiatan Ekonomi Empat Sektor


Pada kegiatan ekonomi 4 sektor sering disebut juga sebagai perekonomian terbuka sebab pelaku-pelaku ekonomi tidak hanya melibatkan di dalam negeri, namun juga masyarakat ekonomi di luar negeri.
Demikian artikel Siklus Ekonomi (circular flow diagram), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Mengenal Siklus Ekonomi (circular flow diagram) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments