Bukti Adanya Masa Prasejarah (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas 7)

Bukti Adanya Masa Prasejarah ~ KamuBisa iO. Untuk membuktikan adanya suatu kehidupan pada masa prasejarah, maka diperlukan bukti-bukti yang akurat yang dapat menunjukkan bahwa pada masa itu manusia dan makhluk hidup lainnya telah mampu mengembangkan pola hidupnya. Dengan demikian, para peneliti telah berhasil membuktikannya dengan ditemukannya beberapa bukti sebagai berikut.

Bukti Adanya Masa Prasejarah

Bukti Adanya Masa Prasejarah
Bukti Adanya Masa Prasejarah
a. Fosil manusia purba
Fosil adalah sisa-sisa peninggalan jasad makhluk hidup yang telah tertimbun jutaan tahun di bawah tanah dan menjadi batu. Dari fosil yang telah ditemukan tidak semua dapat dipakai sebagai bahan
 informasi mengenai kehidupan masa prasejarah. Fosil yang dapat dipakai sebagai sumber informasi
untuk memandu pengungkapan kehidupan pada masa prasejarah disebut fosil pandu. Penemuan fosil di Indonesia meliputi daerah Pacitan, Sangiran, Trinil dan sebagainya.

b. Artefak
Artefak merupakan alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia purba untuk mempertahankan hidupnya. Bentuk alat yang ditemukan masih kasar dan terbuat dari bahan batu dan tulang. Alat ini, dapat berupa kapak genggam, nekara, moko, dan sebagainya. Dari beberapa bukti di atas menunjukkan bahwa pada masa prasejarah telah muncul kehidupan  makhluk hidup terutama pola hidup manusia dengan hasil kebudayaannya. Untuk mengetahui usia dari peninggalan manusia purba dapat dilakukan dengan beberapa teknik berikut:
  • Tipologi adalah teknik mengenali usia peninggalan prasejarah dengan melihat tipe atau bentuknya, terutama dari kehalusan pembuatan, model, dan bahan yang digunakan.
  • Stratigrafi adalah mengenali usia peninggalan prasejarah dengan memerhatikan lokasi penemuanya, terutama dari segi lapisan tanah di mana benda prasejarah itu ditemukan.
  • Kandungan kimiawi adalah teknik mengenali umur benda purbakala dengan melihat unsur-unsur kimia yang melekat pada benda tersebut.
Penelitian terhadap manusia zaman prasejarah dan merekonstruksinya menjadi suatu gambaran yang jelas dibutuhkan beberapa ilmu pengetahuan, antara lain:
  • arkeologi adalah ilmu yang mempelajari khusus peradaban manusia zaman prasejarah
  • paleontologi adalah ilmu yang mempelajari khusus fosil manusia purba
  • antropologi adalah adalah ilmu yang mempelajari khusus budaya manusia.
  • sejarah adalah.ilmu yang mempelajari khusus masa lampau manu.
c. Gua karang (abris sous roches)
adalah merupakan tempat tinggal manusia purba yang tinggal di pinggir pantai. Berdasarkan penelitian terdapat fosil-fosil di gua-gua tersebut. Peninggalan gua karang bisa dijumpai di daerah Ponorogo, Besuki, Bojonegoro, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Timor Rote.
Demikian artikel Bukti Adanya Masa Prasejarah (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas 7),  Semoga bermanfaat. utk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dpt dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
Bukti Adanya Masa Prasejarah (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments