Definisi dan Pengertian Interaksi Sosial (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)

Definisi dan Pengertian Interaksi Sosial ~ KamuBisa iO. Syarat dari interaksi sosial ada 2 macam yaitu kontak sosial dan komunikasi (encoding, penyampaian, decoding). Adapun faktor dasar terbentuknya interaksi sosial adalah imitasi, identifikasi, sugesti, motivasi, simpati dan empati.

Definisi dan Pengertian Interaksi Sosial

Definisi dan Pengertian Interaksi Sosial
Definisi dan Pengertian Interaksi Sosial
a. Pengertian interaksi sosial secara etimologis
Interaksi berasal dari kata interaction artinya tindakan (action) dan berbalas-balasan. Dengan demikian interaksi merupakan suatu aksi yang mengakibatkan adanya balasan/ respons dari pihak lain. Pada hakekatnya unsur yang terlibat dalam interaksi berusaha mencapai keinginannya dengan melibatkan pihak lain. Tentunya keterlibatan pihak lain dapat memberikan respon yang positif sehingga keinginan tersebut dapat tercapai.

b. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Interaksi sosial adalah sesuatu yang saling memengaruhi atau berhubungan.

c. Pengertian interaksi sosial menurut Soerjono Soekanto

Interaksi sosial adalah bentuk yang tampak ketika individu maupun kelompok manusia berhubungan terutama saat mengemukakan adanya kelompok sosial serta lapisan sosial sebagai unsur utama dari struktur sosial.

d. Menurut Gillin
Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu- individu dan kelompok atau antar kelompok. Hubungan yang dinamis menunjukkan bahwa masyarakat dalam mencukupi kebutuhannya bersifat kontinue atau terus menerus dan berkembang seiring dengan perkembangan peradabannya. Semakin tinggi peradaban yang dimiliki maka interaksi yang terjadi lebih fleksibel dan multi arah sesuai tingkat kebutuhan yang semakin beragam.
Demikian artikel Definisi dan Pengertian Interaksi Sosial (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs),  Semoga bermanfaat. utk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dpt dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
Definisi dan Pengertian Interaksi Sosial (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments