Pengertian Kepribadian (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)

Pengertian Kepribadian (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs) ~ KamuBisa iO. Kepribadian merupakan keseluruhan cara seorang individu dalam bereaksi dan berinteraksi dengan individu yang lainnya.

Pengertian Kepribadian (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)

Pengertian Kepribadian (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)
Pengertian Kepribadian (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)
Pengertian kepribadian secara umum
Definisi kepribadian adalah ciri khas yang melekat pada diri seseorang saat dilihat dari luar.

Definisi kepribadian menurut yinger
Kepribadian adalah keseharian perilaku seorang individu dengan suatu kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

Menurut Nursid Sumaatmadia
Kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan interaksi antara unsur biologis dan psikologis.

Menurut George Herbert Mead
Kepribadian merupakan proses perilaku individu untuk belajar mengetahui peran pada dirinya maupun peran yang dimiliki orang lain.

Kepribadian berkembang melalui tahapan-tahapan tertentu.
  • Tahap persiapan/ preparatory stage adalah suatu proses pembentukan kepribadian dengan mengenal lingkungan yang paling dekat.
  • Tahap meniru/ play stage adalah proses peniruan oleh manusia dengan melihat perilaku orang lain.
  • Tahap bertindak/ game stage adalah proses perkembangan di mana manusia telah mengetahui peran yang dimiliki pihak lain.
  • Tahap penerimaan/ generalized stage adalah proses perkembangan di mana seseorang telah mampu mengambil peran yang dimiliki manusia lainnya.
Faktor yang menyebabkan kepribadian antara manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya adalah sebagai berikut.

Pengalaman Kelompok dan Unik
Pengalaman hidup yang dialami pleh setiap manusia adalah merupakan .pembelajaran yang bersifat otodidak yang bernilai sangat berharga dalam rangka pembentukan kepribadian seseorang.

Faktor Keturunan
Faktor keturunan lebih berhubungan dengan unsur gen yang diturunkan orang tuanya yang meliputi golongan darah, penyakit, dan ego.

Kebudayaan
Faktor kebudayaan menitikberatkan kepada nilai dan norma. Untuk itu kebudayaan yang maju akan mendorong manusia pendukungnya untuk berpola pikir maju.

Faktor Lingkungan Fisik
Faktor alam akan memberikan pengaruh yang besar dalam rangka pembentukan kepribadian bagi  seseorang. Sebagai contoh topografi daerah pegunungan yang terjal dan mempunyai udara yang sejuk akan memengaruhi penduduknya untuk beradaptasi dengan lingkungan pegunungan. Kepribadian yang terjadi adalah karakter masyarakat pegunungan yang ramah dan lembut.
Demikian artikel Pengertian Kepribadian (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs),  Semoga bermanfaat. utk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dpt dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengertian Kepribadian (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments