Pengertian Masa Praaksara atau Masa Prasejarah (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas 7)

Pengertian Masa Praaksara atau Masa Prasejarah ~ KamuBisa iO. Istilah praaksara berasal dari kata pra artinya sebelum dan aksara artinya tulisan/huruf, atau identik dengan istilah nirteka. Sehingga, masa praaksara adalah suatu masa ketika manusia belum menggunakan tulisan sebagai dasar kebudayaannya.

Pengertian Masa Praaksara atau Masa Prasejarah

Pengertian Masa Praaksara atau Masa Prasejarah
Dan ketika manusia sebagai anggota masyarakat telah mengenal tulisan sebagai dasar kebudayaannya maka dianggap memasuki zaman sejarah. Berlangsungnya masa prasejarah di Indonesia mencapai ratusan juta tahun dan oleh para ahli menganggap masa prasejarah merupakan masa evolusi manusia purba terhadap lingkungan alamnya.

Bangsa Indonesia meninggalkan masa prasejarah dan memasuki masa sejarah dibuktikan adanya Yupa di Kutai Kalimantan Timur yang diperkirakan berangka tahun 400 Masehi atau sekitar abad ke-4-5 Masehi. Yupa ini merupakan prasasti yang menunjukkan adanya kemampuan masyarakat Indonesia yang mampu menulis huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta.
Demikian artikel Pengertian Masa Praaksara atau Masa Prasejarah (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas 7),  Semoga bermanfaat. utk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dpt dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengertian Masa Praaksara atau Masa Prasejarah (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments