Pengertian Motif ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs)

Pengertian Motif ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs) ~ KamuBisa iO. Pada dasarnya setiap manusia yang melakukan tindakan ekonomi selalu didasarkan pada motif ekonomi. Suatu keinginan manusia yang merupakan pendorong untuk melakukan kegiatan ekonomi inilah yang disebut sebagai motif ekonomi.

Pengertian Motif ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs)

Pengertian Motif ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs)
Pengertian Motif ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs)
Pembagian motif ekonomi pada umumnya dapat dibagi dua yaitu:
1. Motif intrinsik (motif ekonomi dari internal). Motif intrinsik muncul dari dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan ekonomi tertentu. Sebagai contoh seorang yang membudidayakan ikan yang menginginkan hasil panennya bagus berusaha bekerja keras memilih bibitnya dengan sebaik-baiknya yaitu yang unggul.

2. Motif ekstrinsik (motif ekonomi dari eksternal). Motil ekstrinsik muncul karena adanya suatu dorongan dari pihak lain sehingga seseorang harus melakukan tindakan ekonomi yang terkadang bukan atas keinginannya sendiri. Misalnya seorang ibu yang ingin anaknya pandai maka ibu tersebut menyuruh anaknya untuk belajar.

Hal-hal yang mendorong melakukan motif ekonomi yaitu antra lain:
  1. Ingin memperoleh laba. Keinginan untuk mendapatkan laba adalah kegiatan seseorang agar mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari pada biaya yang mereka keluarkan.  
  2. Ingin mendapatkan kekuasaan. Motif ekonomi berdasarkan kekuasaan adalah  dorongan seseorang yang ditujukan untuk mendapatkan kekuasaan di bidang ekonomi di lingkungannya.
  3. Ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Keinginan untuk mendapatkan tambahan dilakukan seseorang dikarenakan penghasilan tempat kerjanya tidak mencukupinya.
  4. Ingin mendapatkan penghargaan masyarakat. Penghargaan yang diberian dari masyarakat berkaitan dengan status ekonomi seseorang tersebut.
  5. Ingin membantu sesama. Kegiatan untuk membantu sesama atau kegiatan sosial adalah bagian hidup  manusia sebagai makhluk sosial. Seseorang akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan uang dan sebagian uang yang dia dapatkan akan diberikan kepada pantai asuhan, urang yang tidak mampu dan fakir miskin dilingkungan sekitarnya.
Baca artikel lainnya : Pengertian Tindakan Ekonomi dan PENGERTIAN PROSES INTERAKSI SOSIAL
Demikian artikel Pengertian Motif ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs),  Semoga bermanfaat. utk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dpt dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengertian Motif ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments