Pengertian Prinsip Ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs)

Pengertian Prinsip Ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs) ~ KamuBisa iO. Definisi dari prinsip ekonomi adalah merupakan suatu konsep dalam pikiran manusia bahwa dalam rangka mencapai pemenuhan kebutuhan hidupnya dengan modal yang relatif sedikit dapat tercapai hasil yang sebesar-besarnya. Dalam kehidupan sehari-hari prinsip ini diidentikkan sebagai prinsip efektif dan efisiensi. 

Pengertian Prinsip Ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs)


Pengertian Prinsip Ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs)
Pengertian Prinsip Ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs)
Ada 3 Macam Prinsip Ekonomi yaitu konsumen, produsen dan distributor.
 
1. Prinsip Ekonomi Konsumen

Pengertian konsumen adalah pihak yang memakai hasil dari kegiatan ekonomi atau produksi. Dari pendapatan terbatas yang diterima, maka konsumen akan berusaha mencapai kepuasan yang sebesar-besariya dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya yang bermacam-macam. Prinsip ekonomi konsumen mempunyai ciri bersikap hemat, mengutamakan kebutuhan primer, mendahulukan hal-hal yang paling penting, menghilangkan sifat konsumerisme. Konsumsi merupakan penggunaan barang/jasa yang ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Adapun ciri-ciri barang konsumsi adalah
  1.  merupakan barang/jasa yang dihasilkan manusia. Penggunaan tanah, air, udara, sinar matahari, pemberian alam bukan termasuk barang konsumsi;
  2. merupakan barang yang langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia;
  3. barang yang dikonsumsi akan habis atau mengalami penyusutan sehingga akhirnya tidak dapat digunakan.
Definisi barang konsumsi adalah barang yang dapat langsung dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Barang konsumsi ini ada yang hanya dapat dipakai sekali kemudian habis, contohnya makanan/ minuman, tetapi ada barang konsumsi yang dapat digunakan beberapa kali contohnya pakaian, sepeda, rumah.

Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi mempunyai tujuan
  1. memperoleh barang konsumsi yang macam dan jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan secara rnaksimal,
  2. memperoleh barang-barang konsumsi yang berkualitas baik dan harganya murah, 
  3. dengan uang yang dimiliki dapat memperoleh barang dan jasa yarig diperlukan untuk memenuhi kebutuhan.
2. Prinsip Ekonomi Produsen

Pengertian produsen adalah pihak yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh pihak konsumen. Produsen untuk dapat berproduksi memerlukan faktor-faktor sumber daya alam, tenaga, dan modal. Sumber daya alam merupakan bahan mentah yang digunakan sebagai bahan baku perusahaan. Kebutuhan bahan baku harus selalu tercukupi sehingga perusahaan dapat berjalan secara terus-menerus. Faktor tenaga adalah sumber daya manusia yang mengelola perusahaan. Di sini, keahlian atau skill dalam mengelola perusahaan sangat dibutuhkan oleh produsen. Dari segi modal, produsen harus mempunyai sumber keuangan yang cukup untuk menopang kehidupan perusahaannya. Prinsip ekonomi produsen mempunyai ciri menekan biaya produksi, menjual dengan harga yang tinggi, menjual dengan jumlah yang banyak. Dalam proses produksi kadang terjadi biaya yang berubah atau variable cost. Penerapan prisip ekonomi dalam kegiatan produksi mempunyai tujuan menekan biava produksi. meningkatkan jumlah barang dan jasa, meningkatkan mutu atau kualitas barang/jasa hasil produksi dan memperoleh laba yang sebesar-besarnya.

3. Prinsip Ekonomi Distributor

Pengertian kegiatan distribusi adalah usaha untuk menyampaikan barang dari produsen kepada konsumen. Kegiatan utamanya menyangkut usaha perdagangan, baik perdagangan besar, menengah, maupun kecil, yang pelaksanaannya memerlukan kerjasama dengan usaha jasa lainnya. Usaha jasa yang terkait dengan kegiatan distribusi diantaranya pergudangan, pengepakan, angkutan, dan asuransi. Distribusi merupakan penyaluran barang hasil produksi. Dalam penyaluran barang ini perlu mempertimbangkan lokasi mana yang paling tepat suatu industri itu didirikan. Apakah daerah tersebut dekat dengan daerah pemasaran dengan sarana transpotasi yang mudah dan murah. Jika mereka sudah mempertimbangkan daerah pemasaran dengan biaya yang sekecil-kecilnya, berarti industri tersebut sudah menggunakan prinsip ekonomi distributor.

Tujuan Prinsip Ekonomi Distributor antara lain:
a.menekan pemborosan dana, waktu, ruang (tempat) dan tenaga kerja
b. menyalurkan barang kepada konsumen tepat waktu;
c. memperoleh laba atau keuntungan yang sebesar-besarnya.
Baca artikel lainnya : Pengertian Motif ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs) dan Pengertian Tindakan Ekonomi
Demikian artikel Pengertian Prinsip Ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs),  Semoga bermanfaat. utk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dpt dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengertian Prinsip Ekonomi (Materi Pelajaran IPS Kelas 7 SMP/ MTs) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments