Pengertian Tindakan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)

Pengertian Tindakan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs) ~ KamuBisa iO. Tindakan ekonomi adalah merupakan suatu usaha manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya dengan berbagai cara sesuai dengan prinsip dan motif ekonomi sehingga akan tercapai tingkat kehidupan yang lebih baik. Manusia yang berusaha atau bekerja untuk memperoleh pendapatan berarti telah melakukan  tindakan ekonomi. Karena dengan pendapatan yang dapat diperoleh manusia dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pengertian Tindakan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)

Pengertian Tindakan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)
Pengertian Tindakan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs)
Tindakan orang tersebut membeli benda souve- dapat dikategorikan sebagai tindakan ekonomi. Untuk melakukan tindakan ekonomi orang harus bisa menentukan pilihan dan memanfaatkan peluang sebaik-baiknya.
1. Menentukan pilihan dalam tindakan ekonomi sangat penting agar mendapatkan hidup yang layak, harus bekerja sesuai dengan bakat dan kemampuannya, misalnya, seseorang bakat di bidang teknik akan sesuai jika bekerja di bidang teknik, jika seseorang bakat berdagang maka sebaiknya bekerja di bidang niaga. 
2. Memanfaatkan peluang. Dalam melakukan tindakan ekonomi orang harus dapat memanfaatkan peluang sebaik-baiknya. Peluang belum tentu ada dan datang pada saat-saat tertentu. Oleh karena itu, jika ada peluang pelaku tindakan ekonomi harus memanfaatkan sebaik-baiknya. Misalnya, pada saat menjelang lebaran, tahun baru, atau hari Natal peluang untuk menjual pakaian sangat besar sekali. Dalam pemenuhan kebutuhan, manusia berusaha memenuhi kebutuhan mulai dari kebutuhan yang paling dasar yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan selanjutnya pemenuhan kebutuhan tersier. Berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan tersebut maka seorang ahli tentang relasi manusia, yaitu Abraham H. Maslow mengemukakan teori tentang tingkatan kebutuhan manusla. Tingkatan kebutuhan manusia dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Kebutuhan fisik: kebutuhan manusia yang mendasar dan penting untuk segera dipenuhi, seperli makan, minum, dan rumah. 
2. Kebutuhan akan rasa keamanan: manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan orang lain  untuk memenuhi kebutuhan dan menjamin rasa aman. Seorang anak akan membutuhkan perlindungan  dari orang tuanya, masyarakat akan membutuhkan perlindungan dari pemerintah sehingga bisa hidup yang nyaman.
3. Kebutuhan akan pengakuan diri: kebutuhan individu untuk dapat diterima individu lain di lingkungan sekitarnya.
4. Kebutuhan akan harga diri dan perwujudan diri : kebutuhan untuk dihargai atas kemampuan, potensi dan kesuksesan yang pernah diraihnya.
Demikian artikel Pengertian Tindakan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs),  Semoga bermanfaat. utk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dpt dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengertian Tindakan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 7 SMP/ MTs) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments