SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA : GINJAL (Materi Pelajaran Kelas 9 SMP/ MTs)

SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA : GINJAL ~ KamuBisa iO. Sepasang ginjal pada manusia letaknya terdapat di rongga perut sebelah kanan dan kiri tulang ruas tulang belakang. Adapun bentuk dari ginjal yaitu berbentuk seperti biji kacang yang mempunyai warna merah keunguan dan ginjal mempunyai berat sekitar 200 gr.

Ginjal mempunyai 2 lapisan yaitu lapisan luar yang disebut korteks dan lapisan dalam yang disebut medula.

BAGIAN-BAGIAN GINJAL antara lain:
  1. Kulit ginjal atau disebut juga korteks, terdapat yang namanya nefron sebagai alat penyaring. Setiap nefron terdiri badan Malpighi yang tersusun atas glomerulus dan kapsula Bowman. 
  2. Sumsum ginjal atau disebut juga medula tersusun atas badan-badan yang berbentuk seperti kerucut yang dikenal sebagai piramida ginjal.
  3. Rongga ginjal/ pelvis ginjal, adalah tempat untuk menampung urin sementara yang kemudian dialirkan melalui pembuluh halus yang terdapat pada sumsum ginjal.

SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA : GINJAL (Materi Pelajaran Kelas 9 SMP/ MTs)


Susunan utama tempat terjadinya penyaringan darah adalah nefron. Pada nefron terdapat bagian-bagian penting, seperti glomerulus, kapsula Bowman, tubulus-tubulus. Tubulus yang paling dekat dengan kapsula Bowman adalah tubulus proksimal yang dilanjutkan dengan lengkung Henle. Lengkung Henle menghubungkan tubulus proksimal dengan tubulus distal. Bagian akhir tubulus distal adalah tubulus pengumpul yang akan membawa urin ke ureter.

Proses pembentukan urin yaitu sebagai berikut.
a. Darah dialirkan ke ginjal melalui arteri renalis untuk proses penyaringan (filtrasi) di badan Malpighi. Hasil penyaringan ini merupakan urin primer yang masih mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh.
b. Setelah disaring oleh badan Malpighi, darah keluar dari ginjal melalui vena ginjal (vena renalis). Urin primer mengalir ke tubulus.
c. Di dalam tubulus terjadi penyerapan kembali (reabsorpsi) zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh, seperti garam, air, glukosa, dan asam amino. Sisa proses di sini sudah merupakan urin sekunder (urin sesungguhnya).
d. Hasil filtrasi urin masuk ke dalam tubulus pengumpul dan dibawa ke pelvis ginjal. Dari pelvis ginjal urin menuju kantong kemih melalui saluran ginjal (ureter). Setelah kantong kemih penuh maka urin akan keluar melalui saluran kencing (uretra).

Zat-zat yang terkandung di dalam urin, antara lain air (90%), urea, garam, asam urin, amonia Zat warna empedu, vitamin, obat-obatan.

Proses perjalanan urin :
Ginjal > ureter > kantong kemih > uretra

CONTOH GANGGUAN GINJAL antara lain sebagai berikut.
  • Albuminuria : urin mengandung albumin dan protein
  • Hematuria : urin mengandun-e darah, karena adanya kerusakan pada glomerulus.
  • Diabetes insipidus : sering buang air kecil karena tidak adanya ADH (hormon anti diuretik) dan urin diproduksi terus.
  • Batu ginjal : adanya endapan garam kalsium di kantong kemih.
  • Gagal ginjal : ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga harus dibantu dengan cuci darah.
3 FUNGSI GINJAL yaitu:

a. Untuk menyaring darah yang mana zat sisa dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk urin.
b. Untuk mengatur keseimbangan air di dalam tubuh manusia.
c. Untuk mengatur konsentrasi garam di dalam darah.
Demikian artikel SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA : GINJAL (Materi Pelajaran Kelas 9 SMP/ MTs),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Biologi dapat dilihat di >> Materi Biologi
SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA : GINJAL (Materi Pelajaran Kelas 9 SMP/ MTs) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments