Unsur-unsur Musik Tradisional Nusantara (Materi Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan Kelas 8 SMP/ MTs)

Unsur-unsur Musik Tradisional Nusantara ~ KamuBisa iO. Unsur-unsur musik adalah merupakan bagian-bagian dalam musik yang merupakan suatu kesatuan guna  membuat penciptaan lagu atau komposisi (karya) musik. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam suatu musik tradisional antara lain:
1. nada
2. harmoni
3. irama
4. tempo
5. dinamik.
Unsur-unsur Musik Tradisional Nusantara
Unsur-unsur Musik Tradisional Nusantara (Materi Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan Kelas 8 SMP/ MTs)
NADA
Pengertian nada adalah getaran bunyi yang teratur. Nada dasar karya musik akan menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Tangga nada yang umum kita kenal antara lain tangga nada mayor, tangga nada minor, tangga nada diatonik, dan tangga nada pentatonik. Tangga nada diatonik terdiri atas nada yang bertingkat-tingkat tingginya, terdiri atas 7 nada pokok. Sedangkan tangga nada pentatonik hanya terdiri atas 5 nada pokok.

Terdapat beberapa istilah yang berhubungan dengan nada, yaitu durasi (panjang nada), intensitas nada, dan pitch (tinggi nada).
  • Panjang nada (durasi), merupakan lama suatu nada dibunyikan. Panjang nada dihitung
    dengan satuan hitung ketuk yang relatif.
  • Intensitas nada, berarti keras lembutnya bunyi suatu nada. Hal ini tergantung pada lebarnya getaran dan bersifat relatif.
  • Pitch (tinggi nada), berkaitan dengan frekuensi atau banyaknya getaran tiap detik. Semakin besar frekuensinya semakin tinggi nada tersebut.
HARMONI
Harmoni adalah merupakan suatu kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda yang dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan disebut akor.

IRAMA
Pengertian irama adalah turun naiknya lagu atau bunyi yang beraturan. Irama juga dapat diartikan sebagai ketukan yang memiliki durasi (panjang) tidak sama tetapi konsisten dan berlangsung dengan.pola tertentu.

TEMPO
Tempo adalah suatu.istilah yang menunjukkan kecepatan suatu karya musik dimainkan. Atau dengan kata lain, tempo adalah istilah untuk menentukan cepat lambatnya lagu yang dinyanyi'kan. Ada lagu yang bertempo lambat, sedang, dan cepat.

Berikut ini beberapa ISTILH PADA TEMPO.
  1. Largo : Lambat sekali
  2. Lento : Lebih lambat
  3. Adagio : Lambat
  4. Andante : Sedang
  5. Moderato : Sedang agak cepat
  6. Alegro : Cepat
  7. Vivace : Lebih cepat
  8. Presto : Cepat sekali
DINAMIK
Dinamik artinya kekuatan, yaitu keras lemahnya atau kuat lembutnya nada dinyanyikan. Dinamik lagu akan memengaruhi suasana lagu tersebut. Seperti halnya tempo, dinamik juga mempunyai beberapa tanda dinamik.

Berikut ini TANDA-TANDA DINAMIK LAGU beserta maksudnya:
  1. f (forte) : kuat
  2. ff (fortissimo) : lebih kuat daripada f
  3. fff (forte fortissimo) : lebih kuat daripada ff
  4. mf (mezzo forte) : agak kuat/ kurang kuat daripada
  5. p (piano) : lembut
  6. pp (pianissimo) : lebih lembut daripada p
  7. ppp (piano pianissimo) : lebih lembut daripada pp
  8. mp (mezzo piano) : agak lembut
  9. > (crescendo) : makin lama makin kuat
  10. < (decrescendo) : makin lama makin lembut

Unsur-unsur Musik Tradisional Nusantara (Materi Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan Kelas 8 SMP/ MTs)

Baca artikel lainnya : Ragam Musik Tradisional Nusantara dan Ciri dan Fungsi Musik Tradisional (Materi Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan Kelas 8 SMP/ MTs)
Demikian artikel Unsur-unsur Musik Tradisional Nusantara (Materi Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan Kelas 8 SMP/ MTs),  Semoga bermanfaat. utk melihat seluruh materi Seni Budaya dan Ketrampilan dpt dilihat di >> Materi Seni Budaya dan Ketrampilan
Unsur-unsur Musik Tradisional Nusantara (Materi Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan Kelas 8 SMP/ MTs) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments