Puasa Wajib : Pengertian, Syarat, Rukun dan Macam Puasa Wajib (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)

Puasa Wajib : Pengertian, Syarat, Rukun dan Macam Puasa Wajib (Materi Pelajaran Agama Kelas 8) ~ KamuBisa-iO. Definisi puasa (saum) menurut bahasa adalah menahan atau meninggalkan diri dari sesuatu. Sedangkan pengertian dari puasa menurut istilah adalah menahan diri dari kegiatan makan, minum dan juga bersetubuh yang di mulai dari fajar sampai dengan waktu magrib dengan syarat tertentu karena mengharap rida Allah SWT dan menyiapkan diri untuk bertakwa kepada-Nya.

Puasa Wajib : Pengertian, Syarat, Rukun dan Macam Puasa Wajib (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)

Puasa Wajib : Pengertian, Syarat, Rukun dan Macam Puasa Wajib (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)
Syarat Wajib Puasa
Dibawah ini syarat wajib puasa yaitu:
a. Baligh (sudah sampai umur).
b. Berakal (tidak gila atau mabuk).
c. Berada di kampung (tidak bepergian jauh).
d. Sanggup melaksanakan puasa (tidak lemah dan tidak sakit).

Syarat Sah Puasa
Dibawah ini syarat sah puasa yaitu:
a. Beragama islam (tidak murtad).
b. Suci dari haid, nifas, dan wiladah.
c. Tamyiz (bisa membedakan antara yang baik dan buruk).
d. Berpuasa pada waktunya (bukan pada hari-hari yang terlarang untuk melaksanakan puasa).

Rukun Puasa
Pengertian rukun puasa adalah sesuatu yang wajib (harus) dilakukan pada saat berpuasa. Rukun berpuasa terdiri atas:
a. Islam
b. Niat.
c. Menahan diri dari makan, minum, bersetubuh, dan hal lain yang membatalkan puasa ari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Hal-hal yang Membatalkan Puasa
a. Makan, minum, dan bersetubuh dengan sengaja pada siang hari.
b. Memasukkan ke dalam perut lewat kerongkongan, walaupun makanan yang tidak mengenyangkan.
c. Melihat bulan yang menunjukkan tanggal 1 Syawal.
d. Murtad (keluar dari agama Islam). e. Kedatangan haid atau melahirkan.
e. Muntah dengan sengaja.
f. Mengeluarkan mani dengan sengaja (onani).g. Hilang akal (gila atau pingsan),

Macam-macam Puasa Wajib

a. Puasa Ramadan
Pengertian Puasa Ramadan adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan. Setiap orang islam yang telah memenuhi syarat-syaratnya untuk puasa apabila menjumpai bulan Ramadan diharuskan untuk berpuasa penuh selama 1 bulan.

Firman Allah swt.:

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S. Al-Baqarah 183)

b. Puasa Nazar
Pengertian Puasa Nazar adalah puasa yang dilaksanakan karena memiliki janji kepada Allah swt. Sebagai contoh saya akan berpuasa selama 7 hari apabila saya menjadi juara 1 di kelas. Jika benar-benar juara 1 kelas maka wajib melakukan puasa 7 hari tersebut. Maksud janji di sini adalah janji yang baik yang tidak melanggar syari’at agama.

c. Puasa Qada
Pengertian Puasa Qada adalah puasa yang wajib dijalankan karena berbuka dalam bulan Ramadan karena ada uzur syar’i, seperti bepergian jauh, sakit, haid, nifas, atau dengan sebab lain.

d. Puasa Kafarat
Pengertian Puasa Kafarat adalah puasa yang dilaksanakan karena adanya pelanggaran terhadap sesuatu tatanan syari’at. kika dilanggar maka yang bersangkutan wajib berpuasa selama hari yang telah ditentukan. Contohnya membunuh dengan tidak sengaja, mengerjakan sesuatu yang diharamkan dalam haji serta tidak sanggup menyembelih binatang sebagai denda, merusak sumpah, dan berzihar dengan istri. Maka orang yang melakukan hal-hal di atas wajib berpuasa. Dengan demikian, puasa kafarat adalah puasa sebagai pengganti, karena melakukan larangan-larangan tertentu. Lamanya waktu puasa kafarat adalah dua bulan berturut-turut dan hukumnya wajib.

Demikian artikel Puasa Wajib : Pengertian, Syarat, Rukun dan Macam Puasa Wajib (Materi Pelajaran Agama Kelas 8),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Agama dapat dilihat di >> Materi Agama
Puasa Wajib : Pengertian, Syarat, Rukun dan Macam Puasa Wajib (Materi Pelajaran Agama Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments