Gaya : Pengertian, Macam dan Resultan Gaya (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Gaya : Pengertian, Macam dan Resultan Gaya (Pelajaran Fisika Kelas 8) ~ KamuBisa iO. Gaya adalah sesuatu yang menyebabkan benda menjadi bergerak atau benda menjadi berubah gerakannya. Gaya mempunyai besaran dan arah sehingga termasuk dalam besaran vektor. Pengukuran gaya memakai dinamometer (neraca pegas).

Gaya : Pengertian, Macam dan Resultan Gaya (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Macam-macam gaya terdiri dari gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Pada gaya sentuh terjadi karena adanya persentuhan antara benda-benda secara langsung. Sebagai contoh gaya sentuh adalah gaya otot, gaya pegas dan gaya otot. Pengertian gaya tak sentuh adalah gaya yang terjadi bukan karena akibat persentuhan langsung antara benda-benda. Contoh gaya tak sentuh adalah gaya listrik, gaya grafitasi dan gaya magnet.

Resultan gaya disimbolkan dengan huruf R yang merupakan perpaduan antara 2 atau lebih gaya yang bekerja pada suatu benda.
a). Gaya - gaya searah, perpaduannya dijumahkan
-------------------> F1
---------------------------------------> F2
-------------------------------------------------------------> R=F1+F2

b). Gaya yang berlawanan arah, perpaduannya dikurangkan


c). Gaya - gaya tegak lurus, perpaduannya dengan pythagoras
Gaya-gaya yang membentuk sudut
Gaya : Pengertian, Macam dan Resultan Gaya (Pelajaran Fisika Kelas 8)
Demikian artikel Gaya : Pengertian, Macam dan Resultan Gaya (Pelajaran Fisika Kelas 8), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel Fisika di >> Materi Fisika.
Gaya : Pengertian, Macam dan Resultan Gaya (Pelajaran Fisika Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments