Pengertian Gaya Gesekan dan Gaya Berat (Pelajaran Fisika SMP/ MTs Kelas 8)

Pengertian Gaya Gesekan dan Gaya Berat (Pelajaran Fisika SMP/ MTs Kelas 8) ~ KamuBisa iO. Kita akan belajar bersama mengenai gaya gesekan dan gaya berat yang mana kita sering menemui dalam kehidupan sehari-hari. Bagi anda yang sedang duduk di kelas 8 akan belajar tentang kedua gaya ini.

Pengertian Gaya Gesekan dan Gaya Berat (Pelajaran Fisika SMP/ MTs Kelas 8)

Pengertian Gaya Gesekan dan Gaya Berat (Pelajaran Fisika Kelas 8)
Pengertian Gaya Gesekan dan Gaya Berat (Pelajaran Fisika SMP/ MTs Kelas 8)

Gaya Gesek

Gaya gesekan adalah gaya yang timbulkan oleh dua permukaan yang bergeskan yang mempunyai arah berlawanan dengan arah gaya yang besarnya tergantung pada kehalusan atau kekasaran permukaan benda yang bersentuhan. Gaya gesekan ada 2 yaitu gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetik. Gaya gesekan statis : gaya gesekan yang dialami benda pada saat benda masih diam. Sedangkan gaya gesekan kinetik adalah merupaka gaya gesekan yang dialami benda pada saat benda bergerak. Beesar gaya gesek kinetik lebih kecil dari pada gaya gesekan statis.

Contoh gaya gesekan yang mempunyai manfaat yaitu 1). mengasah pisau dengan gerinda, 2). ban mobil yang dibuat bergerigi dengan tujuan supaya gaya gesekan ban di permukaan jalan lebih besar sehingga mobil tidak mudah tergelincir.
Cntoh gaya gesekan yang merugikan : 1).Gaya gesekan pada mesin yang menyebabkan mesin menjadi aus 2). Gesekan antara air hujan dan tanah di pegunungan yang menyebabkan erosi.

Gaya Berat

Gaya berat adalah gaya tarik antara 2 benda yang mempunyai massa. Massa tidak sama dengan berat. Pengertian massa adalah kran banyaknya materi yang terkandung dalam suatu benda. Sedangkan berat adalah ukuran besarnya gaya grafitasi terhadap benda tersebut.

Rumus:

W = m.g

Misalnya saja suatu benda mempunyai massa 4 kg dengan percepatan grafitasi 9,8 m/S2, berat benda tersebut adalah 39, 2 N.
m = 4 kg
g = 9,8 m/Smaka w = ?
w= m.g
   = 4 kg x 9,8 m/S2
   = 39,2
Pengertian Gaya Gesekan dan Gaya Berat (Pelajaran Fisika SMP/ MTs Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments